Friday, February 8, 2013

ok deh..... saatnya buat angkat suara

On my way pulang indo buat CNY en pesawat ayee delay 40 menit.
Now, dalam waktu 12 menit gw perlu selesai-in this posting.

Dan karena udah di-endorse, maka gw ga ragu2 lagi buat angkat suara buat topik lg hot bener di FB gw, esp temen2 gw yg Singaporean.

Yup : si white paper, rencana pemerintah buat nambahin mahluk di bumi Singapura jadi 6.9MM (baca 6.9 juta) jiwa.

Okay, gw ga akan jadi anak durhaka yg lupa kulit ataupun akar. Gw ngerti gw dateng Singapore because the lovely government (then) sangat welcome foreigner2 spt gw disini. Dan : tentunya gw bersyukur.

Hari berjalan, dari yg awalnya susah bener gw masuk ke lingkungan Singapore, susah temenan sama orang Singapore, sampe akhirnya gw masuk dunia kerja en temenan sama ...makin banyak Singaporeans, some are definitely will be my friends for life (Kiyoko).....tentunya kecintaaan gw terhadap negara ini dikit2 makin dipupuk...

Ga dipungkiri, with the added years and fact that I know, buat gw pulang Indo seh itu butuh muzizat punya, chance dan will gw buat ganti warna passport udah makin deket ke 80 :20

HOWEVER, news 6.9MM yg marak bener dari 2 minggu lalu bikin gw....take a step back... abit.

Gw bukan Singaporean, tp kebayang ga Jakartee kite yg punya masalah nyang sama (failing birth rate). Terus datengin foreigners2 dari negeri tetangga. Dan coba bayangin kita kerja di jakarta dalam kondisi gitu. Terus jalan2 di mall kanan kiri dengernya bahasa tetangge selain English en Belandee... dimane mane...

Bayangin sedikit itu aja, gw cukup miris. Ga malu2 gw akan declare kl gw cukup simpati sama orang2 SG yg kl naek MRT, bahasa yg rame sometimes bukan Singlish. Apalagi holiday season....yah tau sendiri lah yah kl negare kite demen banget jalan2 wisata kesini

Nah mungkin emang kita bukan SG-an. Tp pake akal sehat mikir aja lah yah, en imagine you are parents gimana anak2 SG ke depannya belajar their core values, personality and culture kl geto ?

Dan ember leh, kl tempat kerja di invade terus terus and terusan sama additional orang, kasian ga seh competitionnya mereka di kedepannya ????

Wah ini makin lama ngomong gw makin sounded like SG-an ini... hahah makanya gw bilang 80:20 gw chance gw lunturin passport.

Now balik ke topik utama si 6.9MM. Waktu dengeri 6.9MM itu, langsung ratio gw mo ganti passport juga ikutan luntur jadi 50:50 lagi. Kenapa ?

Karena gw (en loe2 pada juga) adalah korban yg ngerasain panasnya, demeknya, ga enaknya dempet2an di MRT, Bus, or susah dapet Cab, plush mobil yg harganya makin ajee gilee !! Gw dateng kesini mencoba cari sedikit tempat buat nafas di luar seseknya kota Jakarta. Kl negara singa tercinta ini punya orientasi buat jadi Hongkong di masa depan, lah apa yah ga mendingan gw ke HK sekalian, denger2 gaji juga mendingan ?

En...reaksi dari Singapore pplnya juga, kl dibaca baik2....marak bener euy!! Coba cari Mr. Inderjit Singh punya speech di parliament. Gw akuin dia mungkin sounded agak sedikit (buat yg sensitive pasti berasa banyak) menyudutkan foreigners. Kl dah gini, pasti dong ga ada temen2 Indo kita yg ngelike this review di FB, betul ??

Kenyataanya ga demikian. Gw like the page and I can find some Indo friends who like the page too. Dia speak from valid points. Yg namanya bikin orang jadi tertanam rasa patriotisme en kecintaan di suatu negara itu doesn't take 2-3 years or even 5 years. Gw udah idup disini selama 12 taon, en liat chance gw buat lunturin passport, masih cuman 80:20. 12 Taon !!

12 Taon gw disini, dan lidah en hati gw....once in a while, masih berpulang ke Indo.

Terus coba liat chartnya 6.9MM. Singaporean nya cuman 4 juta (itu udah di added foreigners yg take citizenship). All in all, SG-an jadi cuman sekitar 3.5MM. 50% dari 6.9MM. Kasian ga seh ??

Yah... ini napa gw ranting soal beginian pas mo pulang Indo buat CNY coba. HAHAHA :p

Yah .... gw ngomong segini dulu deh. Bakal gw tambahin lagi sepatah dua patah kata soal ini hot topic. Gw juga hots, se hots hot topic ini.

No comments: