Monday, February 11, 2013

Tambang minyak

Karena ati gw udah sedikit tenang akibat CNY gathering, marah2nya gw tunda dulu deh soal 6.9MM penduduk.... sambil ngarep2 pemerintah bikin MRT 3 layer kl sampe itu kejadian... 

Anyway : tambang minyak !! 
Kl gw punya satu....gw udah ga kerja kali sekarang !! hehehehe :) Pasti kerjanya gw jadi producer musical aje deh sepanjang taon !! Cari story, cari talent, cari venue ...en segala embel embelnya.....

Sayangnya, tambang minyak yg gw punya cuman minyak di wajah gw :P hehehehe :) Jadi postingan gw kali ini mungkin ga penting pada bagi khalayak ramai. Masalah minyak di wajah en perawatan wajah :) 

Sah ..... kayak jagoan ajah gw :P muka gw sendiri asli kagak mulus2 bener !! Buat yg kenal gw dari zaman sedikit jebot, pasti pernah inget fase muka gw yg WOW !! Kayak kawah gunung meletush yak !! 

Sampe kelas 5 SD (sebelon puber), kulit gw termasuk salah sembilan atau salah sepuluh dari anak2 angkatan gw yg mulush bersih putih. Sampe datenglah kedewasaan, menjemput pergi kemulusan wajah gw... saat itu saya masih berusia 12 tahun (nostalgila mode)

Sejak saat itu, goodbye fair and smooth skin !! Though emang ga separah dede gw, muka gw udah ngalemin fase pergi ke dokter di jakarta, facial sampe berdarah darah, tidur kayak dracula alias muka super putih karena sekujur muka pake Clearasil full terus ditumpuk bedak herocyn  (masih inget ga clearasil ? Obat jerawat paling tenar bin kesohor buat anak2 yg seangkatan gw, bukan babe gw, simply gara2 iklan dia di tepe cukup uwaw uwaw geto). Some other days, gw udah pake ramuan alcohol campul purol campur herocyn taro di muka.

Eh masihhhhh aja...kemulusan tak kunjung datang, jerawat tak kunjung pergi. 

Sampe, di taon 2008 waktu gw balik dari China trip yg bikin muka gw busyett dahhhhh .... parah pol jerawatnya, gw decide buat end this agony !! Ayoh cari dokter pro di Singapore yg bagusan en udah terbukti hasilnya.  Mahal dikit, tahanin ajah !! Kencengen ikat tali pinggang !!

So pergilah gw ke dokter tenar di Toa Payoh, yg gw dah liat hasilnya di muka temen gw yg literally glowing !! Bersinar gitu (ga lebay !! ) Hasil dari si dokter itu bukan instant abrakadabra tring tring keluar muka baru dalam 2 minggu tapi yah ...... 

Dia kasih gw 2 option. Jalan mahal 2 minggu (400 - 500 dollar) en jalan murahan dikit (200-300 an for couple of months). So I took cheaper 6 months, painful steps, dimana ini muka ngalemin fase uler alias peeling nnnnnoooooonnnnn stop, yg kl gw pake kaos item lap muka gw, langsung itu kaos jadi kayak abis lap kepala yg full ketombe  !! 

Kadang kl iseng, gw ambil anduk yg cukup kasar buat skalian ngamplas muka gw pas lagi mandi !! Puash rasanya copot semua tuh kulit !! In between 6 bulan itu juga, muka gw jadi semerah kepiting, en pernah pori2 gw sempet jadi gede bener, leibh gede dari jeruk :P 


Setelah 6 bulan sakit2....akhirnya muka gw ngalemin pencerahan !! It started to be mulush-er and it started to glow.... dan sejak mid 2008 muka gw udah ngalemin fase "Thank you Jesus!!" Sometimes berasa kayak abish pake SKII (lebay.net.sunrisegarden.id) 

Ngalor ngidul ngomong gini banyak, gw cuman mo bilang gini seh benernya :

1> Masih ada harapan buat siapapun jg yg mukanya kagak mulus seperti gw !! Yg penting, find good doctors !! If you wish to find out mine, I will gladly tell you. Dia ga terlalu mahal jg banding beli SKII atau perawatan lainnya.Dulu gw sempet berpikir there's no hope for my face. Sampe gw dapet pencerahan en terima kenyataan, ada harga ada barang !! hehehe

2> Muka gw ini....OILY !! Dot!! Dari kecil, ini muka kayak tambang minyak. Tau keisengan gw wkt kecil apa ? Pagi2 waktu bangun tidur, gw suka banget cuci penggaris busur, terus pelan2 gw serot itu penggaris busur di T-Zone gw. Ngumpulin minyak. Terus gw lap si penggaris pake tissue, cuci lagi si penggaris busur. 

Nah, muka oily ini turunan dari babe en nyak yg emang jerawat mereka berdua sempet gone to serious case juga dimana mereka perlu ke dokter berkali kali. Gw pasrah terima nasib minyak ini dengan senang hati now, not necessarily then. 

Why ? Karena benernya, minyak di muka ini yg bikin kita jadi lebih lama keriputan.

Nah, gw yg ga ngerti ini dulu, demen banget kan basmi minyak sama oil blotter. Padahal  ini benernya malah nambah produksi minyak di muka kita, which in the end malah tambah jerawat. So buat yg sering nge blot, dikurangin dikit yah dari sekarang ? Pake blotter secukupnya, jangan terlalu sering. Karena naturally body kita punya system buat adjust humidity di muka kita. Kl kita sering2 wipe, it reads the fact that muka kita kurang moist, in which dia malah produce more oil to humidify the face. 

3>  Cara pake oil blotter yg bener itu ditempel di daerah minyak, terus dorong2 dikit sampe minyaknya keserep. Selesai satu area, angkat blot papernya, pindahin ke daerha lain. Yg ga bener, ditempelin terus di bawa puter2 satu muka kayak pake anduk lap muka (yg sering gw lakukan benernya, karena gw yg model males do the the first step). Gw jg masih belajar sabar buat lakuin langkah blot oil yg benar :) 

4> Kl ada choice, en kl mukanya ga terlalu oily, coba angkat oilnya pake clean white tissue, instead of oil blot. At least dia ga take out all the necessary moist on the face. 

5> Last, but not least, as I say above, a necessary amount of oil in our face is totally necessary buat jaga kita against wrinkle. Jadi, don't hate the oily face. Yg mukanya berminyak kayak gw and you are much younger than me, sabar2 yah. As we grow older, our oil production jg adjust to much lesser. At one point, jerawat jg bakalan ga seganas zaman aktif2nya kita as teens. In fact, by then kita bakalan wish for our face to be slightly a little bit more active, coz as the oil goes away, the wrinkles come in. 

6> Final note : no matter how smooth and fair your skin is now, treat your face skin right from young age. Do the necessary treatment !! Do !! Gw jg orang yg malesh do all that kl emang ini muka ga jerawatan. But no denying, we need it ! So do the most basic from young: use SUN BLOCK !!! Super penting !! And when the age come, moisturize moisturize moisturize !!

In the end, mari kita embrace tambang minyak di muka kita :) Sambil dirawat sepenuh dan seperlunya :)  Spt kata pepatah, ga ada cewek jelek !! Cuman ada cewek malesh :P
Hidup minyak !! Huat ah !! 

No comments: